Tes Psikologi Internet, harus percaya atau tidak?

 Perkembangan zaman akan teknologi internet semakin memudahkan pengguna fasilitas untuk melakukan sesuatu. Bagi para pencari tenaga kerja tidak perlu repot-repot melakukan pertemuan fisik dengan konsultan yang akan melakukan kerjasama untuk mencari kandidat atau sumber daya manusia yang diinginkan kriteria. Keduanya sama-sama diuntungkan dengan menghemat energi, waktu dan biaya. Bahkan mereka tidak perlu repot untuk mengatur jadwal. Sekarang bergamnya fasilitas internet juga memungkinkan melakukan tes psikologi secara online yang terjamin kerahasiaanya.
Perkembangan zaman itu pada satu sisi menguntungkan. Namun, pada sisi lain juga banyak orang yang menyalahgunakan perkembangan teknologi dengan meraup keuntungan secara pribadi. Salah satu penyalahgunaan perkembangan teknologi adalah tes Psikologi. Seiring perkembangan zaman tes psikologi yang semula dilaksanakan secara face to face, namun sekarang tes dapat dilakukan dengan cara online.
Tes psikologi online adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur fungsi kognitif juga emosi seseorang dan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam berpikir sesuai nalar melalui internet.  Tes Psikologi Online bisa digunakan atau dicoba melalui sebuah sambungan internet, dimana hal itu mempermudah cara kita untuk mengetahui potensi kemampuan kita dan dari tes online tersebut kita dapat mempelajari berbagai tes psikologi. Dengan melalui internet atau online ,orang tersebut bisa dengan mudah mengakses progam-program tes psikologi yang sudah ada dalam internet.
Saat ini cukup banyak situs penyedia tes psikologi, dan kita pun bisa mencarinya dengan mudah melalui google. Biasanya penyedia tes psikologi online berasal dari luar negeri, dan biasanya juga pertanyaan-pertanyaannya juga menggunakan bahasa Inggris. 
Dalam melakukan Tes Psikologi Online dapat menimbulkan berbagai dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif.
Dampak positif dari tes psikologi online:
1.      Lebih percaya diri karena sudah berlatih dan mempersiapkan diri sebelum melakukan tes.
2.      Dapat mengetahui dan berlatih melalui contoh soal-soal yang disediakan oleh situs yang menyediakan tes psikologi online.
3.      Dapat dilakukan di rumah bahkan dimana saja kapan saja dengan menggunakan internet.
4.      Bisa mencoba-coba beberapa kali tes tersebut atau tes yang lainnya
5.      Hasil tes langsung dapat diketahui tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama.
6.      Dapat mengetahui jawaban yang benar atau tepat dari contoh soal-soal tes Psikologi tersebut.
Dampak negatif dari tes psikologi online:
1.      Kerahasiaan alat tes semakin terancam
2.      Program tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor
3.      Hasil tes psikologi online tidak menunjukkan hasi sebenarnya karena telah berlatih berulang kali
4.      Tidak bisa melakukan observasi maupun wawancara saat tes psikologi berlangsung
5.      Banyak terjadi penipuan yang dilakukan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung
6.      Hasil tes pesikologi tidak akurat
Menurut saya, tes psikologi online bukanlah pilhan yang terbaik untuk melaksanakan tes psikologi. Dengan beberapa keuntungannya, tetapi tetap lebih baik melaksanakan tes psikologi secara langsung dengan tenaga professional sehingga hasil bisa lebih akurat dan menjaga kerahasiaan alat tes.

Daftar Pustaka

Amaliyah, M. & Noviyanto,F. 2013. Aplikasi Tes Kepribadian untuk Penempatan kerja Karyawan menggunakan Metode MBTI melalui Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Vol I no. 2.

Komentar

Postingan Populer