Dampak Game Online
Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan
aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam
konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Game Online adalah game
yang berbasis elektronik dan visual. Game Online dimainkan dengan memanfaatkan
media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga
matapun lelah dan biasanya diiringi rasa sakit kepala.
Kemajuan suatu teknologi sangat berkembang pesat di
dunia yang global ini, tidak hanya pada kota-kota besar, tetapi kota-kota
kecilpun juga. Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita
sering sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Banyak sekali game
center yang bermunculan. Game center itu sendiri tidak seperti warnet, mereka
memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat
game center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika
dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan
teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih
sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Walaupun game ditujukan untuk anak-anak,
tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang
menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game.
Game Online juga membawa dampak yang besar terutama
pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Yang mendominasi memainkan
game online adalah kalangan pelajar, mulai dari SD, SMP, dan SMA.
Pelajar yang sering memainkan suatu game online, akan menyebabkan ia menjadi
ketagihan atau kecanduan. Ketagihan memainkan game online akan berdampak
buruk, terutama dari segi akademik dan sosialnya. Walaupun kita dapat
bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game Online kerap
membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.
Pengertian Game Online atau Online Games
adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik
LAN maupun Internet). Game yang berbasis elektronik dan visual yang
memanfaatkan teknologi media visual elektronik dan game online menyediakan
server-server tertentu agar bisa dimainkan,Game online tidak ada akhirnya.
Game online sendiri tidak lepas juga
dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri.
Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan
computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi
internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Bermain game online pada remaja memiliki
dampak positif dan negatif. Dampaf positif dari bermain game online yaitu dapat
mengaktifkan sistem motorik, dengan koordinasi yang tepat antara informasi yang
diterima oleh mata kemudian di teruskan ke otak untuk diproses dan
diperintahkan kepada tangan untuk menekan tombol tertentu.
Game online dapat mendorong remaja
menjadi cerdas, karena pemain game online menuntut daya analisa yang kuat dan
perencanaan strategi yang tepat agar bisa menyelesaikan permainan dengan baik.
Kelebihan yang bisa diperoleh oleh remaja dalam bermain game online adalah
meningkatkan konsentrasi.
Bermain game online memang dapat
berdampak positif, tetapi jika dibiarkan berlarut-larut hingga mengarah pada
adiksi tentu akan memberikan dampak negatif, diantaranya remaja menjadi tidak
memiliki skala prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mendorong
remaja untuk bertindak asosial, karena aktivitas bermain game online cukup
menyita waktu berkomunikasi, baik berkomunikasi dengan keluarga maupun teman
sebaya. Menimbulkan kemalasan belajar, disebabkan kelelahan yang ditimbulkan
setelah bermain game online, sehingga dapat memicu tindakan kekerasan, karena
remaja mengimitasi tokoh secara berlebihan, sehingga meniru seluruh prilaku
yang di tampilkan tokoh dalam permainan tanpa mempertimbangkan apakah hal
tersebut berbahaya atau tidak. Perilaku imitasi yang berlebihan ini dapat pula
memicu tindakan kriminal, tanpa pengetahuan remaja, bahwa menyakiti orang lain
secara fisik adalah suatu tindakan kriminal.
Sumber
Saputra,
L.D.D. (2013) . Dampak Game Online terhadap Kaum Remaja. http://ber5aja.blogspot.com/2013/11/dampak-game-online-terhadap-kaum-remaja.html (diakses
13 Mei 2018).
Komentar
Posting Komentar